MikroTik Academy bekal Siswa Siswi dalam menghadapi Revolusi Digital

mikrotik
Berita Networking

MikroTik Academy bekal Siswa Siswi dalam menghadapi Revolusi Digital

Kebutuhan akan internet menjadi hal yang sangat lumrah untuk ditemui pada kehidupan masyarakat di era teknologi digital saat ini. Banyak sekali opsi atau cara untuk membuat konfigurasi sistem operasi jaringan pada perangkat komputer. Mikrotik adalah salah satu cara untuk dapat mengembangkan paket layanan internet agar dapat digunakan dalam berbagai perangkat komputer yang tersedia.

Sebelum kita lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui betul, apasih MikroTik itu sendiri?

MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh Johnson Trully dan Armin Riekstins. Mudahnya MikroTik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.

Namun pasti masih banyak yang bingung mengenai perbedaan MikroTik dan Router itu sendiri, Yuk simak penjelasan perbedaan MikroTik dan Router itu sendiri, Router adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menjembatani antara 2 jaringan. Sementara itu, mikrotik adalah sistem operasi yang termasuk dalam open source system namun bukan berarti termasuk software gratis.

Nah mudah bukan mengetahui tentang MikroTik itu sendiri? Selain membangun system jaringan Komputer, MikroTik juga membuka pelatihan dengan bekerja sama dengan beberapa program Pendidikan melalui Universitas, STMIK, AMIK, Institut Teknik, SMK dan sekolah berbasis semester lainnya.

Salah satu dari bagian kerja sama itu sendiri terdapat SMK Prima Unggul Ciledug, Program ini dikelola oleh Program Keahliah Teknik Komputer dan Jaringan, dengan adanya program MikroTik Academy memberikan kesempatan bagi siswa SMK Prima Unggul yang berminat untuk dapat mengikuti training dan akan mendapatkan sertifikat RESMI dari MikroTik pusat, bagi yang telah dinyatakan lulus.

router-mikrotik

Walaupun demikian, pasti masih banyak yang penasaran apa saja sih manfaat mempelajari MiroTik dan apa Prospek kerja di Industri Networing itu sendiri, maka dari itu yuk simak penjelasan berikut ini mengenai mengapa penting untuk mempelajari tentang MikroTik.

Manfaat Mempelajari MikroTik

Kita tahu bahwa Router itu sendiri merupakan elemen yang sangat penting dalam jaringan internet yang akan kita bangun, terutama dengan fungsinya sebagai pengatur koneksi data dari computer satu ke computer lainnya. computer yang mengatur jalur data tersebut sering kita sebut dengan router.

Selain memiliki keunggulan yang telah disebutkan diatas masih ada kelebihan yang menjadi ujung tombak maraknya penggunaan mikrotik yaitu kebutuhan daya tampung data mikrotik sangatlah sempit ini disebabkan sifat dari mikrotik adalah DOS, pengoperasian cukup mudah untuk dilakukan, dan kebutuhan hardware yang cukup rendah.

Maka dari itu jika seseorang mampu menguasai hal-hal diatas maka orang demikian sangatlah dicari dan dibutuhkan sudah mulai mengerti manfaat mempelajari MikroTik? Jika belum, tentu masih banyak sekali manfaat jika seorang telah menguasai ilmu dari MikroTik itu sendiri.

Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya.

Banyak sekali bukan manfaat dari mempelajari MikroTik itu sendiri, apalagi jika kamu menguasainya, bukan kamu lagi yang mencari uang, uanglah yang mencari kamu.


Prospek Kerja MikroTik di Industri Networking

Membicarakan masalah Prospek Kerja di bidang MikroTik itu sendiri tentulah sudah tidak di ragukan lagi, di era Digital sekarang dimana semuanya sudah mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan menjadi serba digital. Tentulah seorang praktisi yang memahami betul mengenai MikroTik akan sangat di butuhkan dalam Indistri Networking, Mengapa demikian?

Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya Router dan MikroTik itu sendiri merupakan Komponen yang sangat penting dalam membangun jaringan internet,maka tentu sebuah perusahaan manapun yang berbasis Networking tentu sangat mencari seorang yang ahli dalam bidang tersebut.

Lalu Network Engineer itu sendiri pun adalah profesi yang bertanggung jawab atas stabilitas jaringan internet dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Peran Network Engineer sangat luas, tak hanya mengontrol jaringan internal, tapi juga bertanggung jawab kepada pengguna eksternal. Umumnya, pekerjaan Network Engineer berkaitan dengan database. Untuk menjadi seorang Network Engineer, kamu harus menguasai kemampuan routing dan switching,Khususnya MikroTik, pemeliharaan infrastruktur internet (web server, bandwidth management, DNS dan hosting), dan pengelolaan virtual server.

Jadi,Tunggu apalagi jadilah bagian dari MikroTik Academy sekarang. Bersama jadilah seorang yang dibutuhkan di era digital.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *