Mengenal Mikrotik di Pendidikan Era Digital

router-mikrotik
Berita Networking

Mengenal Mikrotik di Pendidikan Era Digital

Mungkin belum ada yang menyadari sepenuhnya bahwa dibalik Provider-provider di rumah anda terdapat satu komponen router yang sangat berpengaruh, yaitu MikroTik, MikroTik sendiri merupakan sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Untuk instalasi MikroTik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. MikroTik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Walaupun demikian, Mikrotik telah menghadirkan pelatihan dan Pendidikan mengenai mikrotik itu sendiri, yaitu MikroTik Academy.

Untuk lebih jelasnya mengenai MikroTik Academy, yuk simak penjelasan berikut ini mengenai alasan penting lainnya mengapa kamu harus mengikuti Pendidikan di MikroTik Academy.

MikroTik Academy

MikroTik Academy adalah sebuah program yang disiapkan untuk jalur pendidikan, seperti Universitas, STMIK, AMIK, Institut Teknik, SMK dan sekolah berbasis semester. Kelas MikroTik akan banyak menggunakan Lab-Komputer layaknya Pelatihan Sertifikasi MikroTik dan akan terdapat Ujian untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang di miliki peserta.

Dari beberapa bagian dari program MikroTik Academy,SMK Prima Unggul Parung serab Ciledug, Merupakan salah satu bagian dari partner Academy di MikroTik yang bertuju untuk melaksanakan program pelatihan MikroTik bagi Siswa/Siswi jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) Kelas 11 semester 1 pada saat adanya program Pelatihan Kerja Lepas (PKL). Melalui topik Manajemen Jaringan Komputer yang dijalankan secara terpisah sebagai bagian dari kelas tambahan praktek laboratorium untuk mata pelajaran Jaringan Komputer. Di akhir masa pembelajaran, akan diadakan ujian sertifikasi untuk menguji kemampuan siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh Sertifikat MikroTik yang bersifat internasional.

Sertifikat yang dikeluarkan merupakan sertifikat bertaraf Internasional (bila siswa lulus ujian dengan nilai > 60%) dan siswa akan mendapatkan gelar sebagai MikroTik Certified Network Associate (MTCNA).

Siswa/siswi kami akan mendapatkan banyak manfaat melalui Program Network Support Mikrotik Academy ini yaitu :

– Dasar MikroTik.

– Pelatihan MTCNA dan MTCRE.

– Mengerti dan memahami konsep dasar jaringan komputer secara lokal.

– Mampu merancang, mengimplementasikan, mendokumentasikan, memelihara dan menangani jaringan komputer dan jaringan internet.

– Mampu mengatasi troubleshooting pada komputer dan jaringan.

– Mampu mengintegrasikan jaringan yang berbeda sistem.

Siswa / Siswi juga akan diajarkan beberapa Materi, yaitu :

– MTCNA (MikroTik Academy).

– MTCRE (MikroTik Academy).

– Knowledge About Computer.

– Assembly & Troubleshooting Computer.

– Designing Network Connection.

– Operating System Instalation.

– Operating System Administration.

– Internet Connectivity.

– Network Operating System Integration.

– Handling Network Troubleshooting.

– Making Documentation.

– Final Task Project.

Prospek MikroTik, Bagusnya di Perusahaan TI atau Non-TI ?

Pertama, jika memilih untuk bekerja di perusahaan TI maka  akan mendapatkan banyak pengalaman di bidang jaringan. Terlebih lagi akan selalu lebih update dengan teknologi jaringan yang terbaru. Ada satu keuntungan lagi jika bekerja di perusahaan Networking khususnya di MikroTik, biasanya Anda akan diberikan pelatihan mengenai teknologi jaringan, seperti yang banyak menjadi peserta kursus CCNA di Course-Net.

Sedangkan jika memilih bekerja di perusahaan Non TI, maka pekerjaan tidak sesibuk di perusahaan TI itu dari sisi kesibukannya. Biasanya di perusahaan Non TI, ketika jaringan sudah terbentuk atau selesai dibangun, maka hanya dibutuhkannya pengawasan dan pemeliharaan pada jaringan tersebut.

Berapa pendapatan seorang yang bekerja di bidang Industri Networking ?

Ini dia, yang menjadi banyak sekali pertimbangan bagi beberapa orang mengenai bekerja di bidang industry Networking. Biasanya yang bekerja di sana kurang lebih 4-5 juta untuk para Junior. Berbeda jika sudah berpengalaman bisa mencapai kisaran 6-7 juta Bahkan lebih sesuai dengan jenjang karirnya.

Wow, luar biasa bukan, selain mendapatkan gaji diatas, anda juga dapat memiliki sertifikasi resmi dari MikroTik yang bersifat Internasional. Tunggu apalagi,jadilah siswa yang berprestasi di era digital sekarang.