Serunya Mengenal MikroTik Academy guna menjadi Siswa yang berkompetensi

mikrotik_sertifikat_16.9
Berita Networking

Serunya Mengenal MikroTik Academy guna menjadi Siswa yang berkompetensi

Sebelum mendalami lebih dalam mengenai MikroTik Academy alangkah baiknya Kita pahami dulu apa sih MikroTik itu sendiri, Intinya Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.

Fungsinya pun ada berbagai macam,salah satunya adalah:

1. Yaitu untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif,

2. Mikrotik berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS beserta perangkat keras yang sangat rendah,

3.Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server,4. Dapat digunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan,

5. Adanya pengaturan jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan admin dalam mengelola.

6. Mampu memisahkan bandwidth traffic internasional dan local

Jenisnya pun ada dua macam, yaitu Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. RouterOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Sedangkan RouterBOARD merupakan hardware (Router)  yang didesain oleh MikroTik. RouterBOARD memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan.  RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya.

Jelas bukan Pengertian dasar dari MikroTik ini? Intinya MikroTIk merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan.

Nah ini dia, Berita baiknya MikroTik telah menghadirkan sebuah Program pelatihanyang bernama MikroTik Academy untuk Universitas, STMIK, AMIK, Institut Teknik, SMK dan sekolah berbasis Teknologi lainnya.

Program in bertujuan Melatih semua Pelajar untuk memahami dan menguasai ilmu tentang Networking, khususnya MikroTik, Yuk simak lebih dalam mengenai MikroTik Academy itu sendiri.

MikroTik Academy

Pelatihan MikroTik Academy ini akan diajarkan oleh trainer yang berpengalaman dan yang telah tersertifikasi oleh Mikrotik. Dengan dibawah pengawasan Mikrotik Trainer Certified dan beberapa trainer kami yang sudah bersertifikasi MTCNA, MTCRE, MTCUME, kami berhak mengadakan pelatihan dan sertifikasi internasional MTCNA, MTCRE (Mikrotik Academy) bagi siswa-siswi yang menjadi bagian dari kerja sama dengan MikroTik Academy.

SMK Prima Unggul yang terletak di Parung serap ,Ciledug merupakan bagian dari Kerja Sama dengan MikroTik Academy, bidang ini dapat diambil bagi siswa yang menekuni jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan demikian Trainer dari MikroTik akan mengajarkan siswa dari SMK Prima Unggul topik berikut :

a. Review TCP/IP

b. Review Subneting

c. Introduction to Mikrotik

d. Install Mikrotik (console / Winbox)

e. Firewall Basic

f. Bridge System

g. Static Routing

h. Quality of Service (simple)

i. Wireless Concept

j. Wireless Interface : PTP & PTMP

k. Tunnel

yang diselenggarakan selama 2 Semester.

Program Pelatihan ini dijalankan secara terpisah sebagai bagian dari kelas tambahan dan diakhir masa pembelajaran akan diadakan ujian sertifikasi untuk menguji kemampuan siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh Sertifikat MikroTik yang bersifat internasional.

Sertifikat yang dikeluarkan merupakan sertifikat bertaraf Internasional (bila siswa lulus ujian dengan nilai > 60%) dan siswa akan mendapatkan gelar sebagai MikroTik Certified Network Associate (MTCNA).

Prospek Kerja MikroTik di Industri Networking

Indonesia kini memasuki era Industri 4.0 dimana peran dari teknologi informasi dan jaringan menjadi penunjang perkembangan industri. Dengan memiliki ilmu networking, Anda dapat kesempatan bekerja di perusahaan berbasis TI maupun Non-TI. Setelah siswa memiliki sertifikat resmi dan berhasil menyandang gelar sebagai MTCNA maka pekerjaan di bidang Networking sangatlah mudah, karena pada dasarnya anda telah menguasai ilmu dari router itu sendiri. Menurut praktisi dan sekaligus Coach di Course-Net yang memiliki Cisco Certification, saat ini sudah banyak perusahaan besar di Indonesia yang siap memberikan penghasilan yang diatas rata-rata bagi yang memiliki sertifikasi dari Cisco. Jadi siapkah anda menjadi siswa yang berprestasi di era digital sekarang?