Belajar Menjadi Penyiar Radio di Masa Kini

penyiar-radio-gofar-hilman
Berita Broadcasting

Belajar Menjadi Penyiar Radio di Masa Kini

Penyiar adalah suatu pekerjaan yang sekarang mulai diminati oleh kaum muda – mudi karena eksistensi dan mempunyai kelebihan fleksibilitas dalam dunia pekerjaan yang mana sangat dicari oleh kaum generasi Z seperti sekarang.

Penyiar biasanya merujuk pada orang yang menyiarkan informasi kepada khalayak. Profesi penyiar identik dengan orang-orang yang jadi ujung tombak radio maupun televisi. Penyiar berperan penting dalam kesuksesan acara yang dipandunya. Untuk di radio, biasanya penyiar akan berinteraksi dengan pendengar dengan membawakan acara, menyampaikan informasi, mengisi narasi, menyajikan produk komersial, dan sebagainya. Tak heran penyiar radio harus pandai mengolah kata. Karena ia kerap dijadikan teman di perjalanan, apalagi kalau jalanan sedang macet.

Selain di radio, penyiar bisa juga bekerja di stasiun televisi. Di TV, profesi ini lebih sering disebut sebagai pembaca berita atau News Anchor. Nah, selain bergabung di stasiun TV atau radio, ada juga lho penyiar yang bekerja sebagai freelancer atau dihubungi oleh suatu agensi. Berikut adalah langkah yang harus kalian ketahui jika ingin menjadi penyiar.

public-speaking

Saat ini, public speaking sudah menjadi kemampuan yang harus dimiliki. Hampir semua profesi membutuhkan kemampuan public speaking, karena saat ini setiap hal harus dipresentasikan. Menyampaikan presentasi jelas membutuhkan keterampilan public speaking. Tapi sayangnya, masih ada orang yang kurang memahami pentingnya menguasai public speaking. Padahal, keterampilan public speaking ini sangat diperlukan, termasuk di lingkup kecil seperti di kampus, kantor atau organisasi. Jadi, selain latar belakang ilmu dan keterampilan yang kita miliki dari bangku sekolah, sangat disarankan untuk juga mengasah kemampuan public speaking, sebelum terjun ke dunia professional.

Ada dua manfaat terpenting dari public speaking. Yang pertama adalah membantu meningkatkan rasa percaya diri. Sedangkan yang kedua adalah meningkatkan keterampilan riset. Sebagai penyiar sangatlah penting untuk percaya diri dalam berbicara dan tahu apa yang dibicarakan, tidak asal bicara. Salah satu yang harus kalian ketahui adalah seorang penyiar harus mempunyai skill public speaking yang bagus atau bisa disebut talkative. Public speaking sebetulnya merupakan suatu kemampuan yang juga harus terus dilatih agar kita bisa menguasainya supaya  bisa semakin jago dan pede melakukan penyiaran. Seorang penyiar dituntut untuk terus berbicara tanpa henti sesuai apa yang diberikan oleh atasannya atau dalam bidang broadcasting kita menyebutnya produser.

Seorang penyiar memiliki karakter tersendiri yang membuat audience mengenal penyiar tersebut, seperti contoh penyiar Hardrock 87,6 FM yang paling banyak mendapat spotlight adalah Gofar Hilman mengapa? Karena dia punya karakternya sendiri sebagai penyiar yang asik dan juga mudah easy listening untuk semua audience.

Seorang penyiar juga butuh pendidikan umum tentang broadcasting atau penyiaran. Dikutip dari pengertianku.net, Menurut disiplin ilmu komunikasi, broadcasting yaitu suatu cabang dari ilmu komunikasi yang berkaitan dengan penyiaran. Di dalam broadcasting sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja tetapi di broadcasting mempelajari praktek bagaimana membuat sebuah tayangan atau konten yang menarik dan enak untuk dilihat atau untuk didengar. Menurut teori ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang tersebut disampaikan kepada umum. Karakteristik broadcasting, seperti: memberi informasi, mendidik serta menghibur. Untuk kamu yang ingin menjadi seorang penyiar bisa memulai sejak dini. Zaman sekarang sudah banyak sekolah – sekolah yang mempunyai pendidikan berbasis broadcasting atau penyiaran dan sudah pasti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Perguruan tinggi ya guys. Penyiaran termasuk dalam broadcasting juga ya guys.. jadi kenapa tidak mulai sejak dini saja? Banyak SMK dan perguruan tinggi yang mempunyai akreditasi bagus dalam jurusan broadcastnya lhoo.. seperti contohnya SMK Prima Unggul yang berada di kota Tangerang punya jurusan broadcast yang bagus serta memupuni. Belum lagi banyak Kerjasama yang dijalankan oleh SMK PU dengan instansi besar media yang ada di Indonesia seperti STMM Yogyakarta, TVRI, dan masih ada yang lainnya. Naah sekarang sudah jelaskan untuk penjelasannya, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai pendidikan broadcasting bisa langsung mengunjungi website – website pendidikan broadcasting seperti SMK PRIMA UNGGUL yang beralamat website www.smkprimaunggul.sch.id . Jika kalian baru memulai setelah lulus sekolah tinggi maka banyak juga kampus yang memiliki jurusan broadcasting yang bagus bisa langsung di cek aja guys di kampus – kampus terdekat kalian.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *