6 KARIR DI BIDANG BROADCASTING YANG MENJANJIKAN

karir-broadcasting
Berita Broadcasting

6 KARIR DI BIDANG BROADCASTING YANG MENJANJIKAN

Industri media zaman sekarang memang semakin canggih dalam bidang apapun. Banyak orang yang ingin terjun ke dalam dunia media tetapi tidak tahu harus mulai darimana. Jangan bingung, kalian bisa langsung mempelajari dunia broadcasting!

Secara umum, Jurusan Broadcasting adalah sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disiarkan melalui media massa yaitu televisi dan radio, selain itu juga saat ini semakin berkembang new media melalui internet. Penyiaran sendiri memiliki banyak fungsi mulai dari menyampaikan informasi hingga hiburan semata.

Lulusan Broadcasting akan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bekerja di industri televisi atau radio. Selain itu, lulusan Broadcasting juga banyak dicari oleh production house.  Lalu, seperti telah dijelaskan di atas, sekarang ini peluang lulusan Broadcasting untuk berkarya menjadi semakin luas dengan berkembangnya new media melalui internet. Misalnya saja saat ini orang-orang sudah sangat akrab dengan kegiatan menonton YouTube atau Instagram TV (IG TV) dan mendengarkan berbagai macam produk audio di Podcast.

Nah, inilah beberapa contoh jenis profesi yang bisa digeluti lulusan Broadcasting di berbagai jenis media:

PENYIAR RADIO

announcer

Penyiar radio adalah mereka yang bertanggung jawab untuk menghilangkan rasa jenuhmu ketika sedang berkendara ataupun di waktu luang. Pekerjaan ini sangat identik dengan beberapa individu dengan kemampuan public speaking di atas rata-rata. Disadur dari ProspectsUK, penyiar radio adalah suara dan muka dari program yang disiarkan melalui sebuah jaringan stasiun radio.

Mereka umumnya bekerja di berbagai platform berskala lokal, nasional, serta regional. Peran mereka adalah untuk menghibur sekaligus memberikan informasi kepada audiens dengan menyajikan topik dengan cara yang menarik serta mudah untuk dicerna. Radio announcer akan memperkenalkan dan menyelenggarakan sebuah program, memperkenalkan dan mewawancarai tamu, serta berinteraksi dengan para audiens.

VIDEO EDITOR

video-editor

Dalam sebuah produksi program seorang penulis naskah membuat jalan cerita, sutradara mengarahkan pemain, sinematografer menciptakan gambar untuk setiap shotnya, maka editor menggabungkan semua hasil mereka. Jadi editor sebenarnya adalah tenaga kreatif yang memberi sentuhan akhir pada sebuah produksi gambar bergerak. Dengan keahlian, kerajinan, dan insting yang baik akan memberikan sentuhan pada presentasi gambar, dan sering jika pilihan seorang editor yang tidak tepat bisa merusak program.

Tugas dari seorang editor juga menentukan hasil akhir dari sebuah produksi, berikut adalah tugas dari seorang editor.

  1. Mengatur dan mengurutkan potongan-potongan rekaman mentah menjadi sebuah tayangan utuh, sesuai naskah atau sesuai instruksi sutradara dan produser.
  2. Mengulas atau menonton ulang tayangan yang ia susun atau edit, untuk menentukan jika ada perbaikan yang diperlukan.
  3. Memotong segmen-segmen tayangan sesuai durasi yang diinginkan, lalu menyusun ulang segmen tayangan untuk membuat adegan yang dapat “bercerita” dengan maksimal.
  4. Menentukan suara, musik, dan efek visual spesifik yang dibutuhkan untuk melengkapi sebuah tayangan -Memasang dan mengoperasikan sistem editing pada komputer,  sistem penjudulan elektronik, peralatan penggantian video, dan unit efek video digital untuk memproduksi sebuah produk final.

JURNALIS

journal-reporter

Jurnalis atau dikenal juga dengan wartawan adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat. Dalam produksi suatu pemberitaan, dilibatkan juga editor yang melakukan pemeriksaan isi konten untuk menjaga kualitas laporan

Mengutip Liputan6.com, untuk jadi reporter, selain perlu kemampuan public speaking, kamu wajib hukumnya membaca buku supaya up-to-date dengan berita terkini dan wawasanmu makin luas. Jadi harus selalu siap belajar hal-hal baru ya. Reporter juga wajib punya rasa percaya diri agar berani tampil di muka umum dan yakin atas informasi yang disampaikan. Yang nggak kalah penting adalah, reporter tidak boleh manja sebab pekerjaanmu sangat dinamis. Berikut adalah tugas sebagai jurnalis / reporter guys;

  1. Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur.
  2. Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan.
  3. Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.
  4. Menjaga komunikasi dengan warga dan narasumber untuk memastikan pemberian informasi berkelanjutan untuk kedua kalinya.

PRODUSER TV ATAU RADIO

producer-television

Produser program televisi maupun radio merupakan seorang yang bertanggung jawab penuh atas produksi suatu program yang disiarkan oleh stasiun televisi atau radio. Tanggung jawab produser dimulai dari proses perencanaan sampai memastikan pelaksanaan program berjalan dengan baik. Untuk itu, produser juga melakukan negosiasi untuk keperluan penyiaran. 

Produser program televisi atau radio kurang lebih bertugas menyusun rencana program dan mengurus segala persiapan serta langkah-langkah yang diperlukan sampai pada tahap penyiaran. Berbeda dengan direktur program televisi yang membuat isi program, produser bertanggung jawab mengelola anggaran dan berkoordinasi dengan pihak eksternal seperti terlibat dalam negosiasi untuk menampilkan selebriti, perencanaan dengan pihak sponsor program, dan sebagainya. Berikut adalah tugas dari seorang produser guys,

  1. Memastikan tersedianya materi siaran, mulai dari rundown acara, rencana acara, lagu, hingga berbagai kelengkapan siaran.
  2. Melakukan briefing kepada semua peserta show, mulai dari penyiar, tamu, hingga operator.
  3. Memantau alur acara, sekaligus mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh para pengisi atau pendukung acara.
  4. Melakukan evaluasi terhadap acara yang telah selesai dieksekusi, untuk perbaikan di kesempatan berikutnya.

PENATA MUSIK (MUSIC ARRANGER)

composser-musik

Penata musik atau disebut juga dengan music arranger merupakan sebutan bagi seseorang yang berprofesi mengatur dan/atau mengaransemen musik baik untuk single, album, film, sinetron, seni pertunjukan, iklan, atau lainnya. Peran penata musik dibutuhkan supaya musik semakin enak didengar juga enak ditonton. Seorang penata musik biasanya kaya akan pengalaman musikal, karena melewati proses berkesenian yang relatif panjang.

Penata musik biasanya juga terlibat dalam pembuatan film lho, Quipperian. Mengutip Tempo, sayangnya tidak banyak yang memilih untuk menekuni profesi penata musik film lantaran butuh keseriusan dan harus bisa mendefinisikan kemauan sutradara.

Ternyata banyak juga lho penyanyi yang menjajal profesi sebagai penata musik, sebut saja Rian D’Masiv yang jadi penata musik penyanyi cilik Tiara Bintan dan Kevin Aprilio jadi penata musik film Love Reborn, dan lainnya. Berikut adalah tugas dari penata musik guys,

  1. Menciptakan karya musik mulai dari aransemen, lirik, hingga pengisian vokal dalam lagu.
  2. Menjamin kualitas musik telah bagus dan layak untuk diproduksi mulai dari sisi komposisi musik, keseimbangan bunyi, hingga efek dan aransemen.
  3. Mengoperasikan peralatan musik, mengatur keseimbangan bunyi (bunyi musik, suara artis, dsb), dan menciptakan bunyi yang dibutuhkan.
  4. Membuat soundtrack film dan music score (musik latar tanpa lirik).

SUTRADARA

director-movie

Sutradara menjadi penanggung jawab pada aspek artistik maupun teknis dalam pembuatan film. Selain bergerak dalam set produksi film, sama halnya dalam produksi pementasan drama. Sutradara harus kreatif dan punya pemahaman yang komprehensif di bidang sinematografi supaya bisa menghasilkan visualisasi film yang sesuai dengan naskah skenario. Pada saat proses produksi, sutradara akan mengarahkan akting para aktor dan aktris, juga kru film mulai dari posisi pengambilan gambar, pencahayaan, suara, dan sebagainya. Dalam hal ini sutradara harus memastikan jika timnya benar-benar bekerja secara profesional. Ketika produksi telah selesai, sutradara bersama editor akan melakukan proses editing gambar maupun suara. Nah, kalau kamu ingin jadi sutradara, bisa memulai karier lewat pendidikan broadcasting.

Beberapa aktor dan aktris juga ada lho yang kemudian berada dibalik layar pembuatan film menjadi produser ataupun sutradara. Di antaranya Sujiwo Tejo menggarap Bahwa Cinta itu Ada, Indra Birowo dalam film pendek Restroom, Ernest Prakasa mengerjakan Ngenest dan banyak lainnya. Ada juga novelis yang mencoba peruntungan di industri perfilman, seperti Rachmania Arunita. Mengutip Kompas, penulis novel Eiffel… I’m in Love ini memulai debutnya sebagai sutradara dalam film Lost in Love. Berikut adalah tugas sebagai sutradara guys,

  1. Menyeleksi beberapa naskah skenario yang menjadi acuan.
  2. Memilih dan menentukan pemeran yang sesuai untuk mewujudkan penafsirannya tersebut.
  3. Memvisualisasikan naskah tersebut dalam bentuk adegan dan scene.
  4. Memvisualisasikan lakon yang sifatnya gembira menjadi sebuah banyolan atau humor.
  5. Menentukan dan menciptakan suasana tertentu secara khusus.

Sekarang sudah jelas betapa serunya belajar di dunia broadcast itu dan prospek kerjanya juga seru seru lho guys. Bagi kalian yang sudah mulai penasaran bisa langsung deh cari tau lebih dalam tentang dunia broadcast. Dan jika kalian ingin mengerti tentang broadcast sendiri bisa langsung masuk saja ke sekolah atau perguruan tinggi yang mempunyai jurusan broadcast.

Untuk kalian yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), kalian bisa langsung menuju Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Parung Serab Kota Tangerang yang bernama SMK PRIMA UNGGUL dan memgambil jurusan broadcasting yang sudah terakreditasi di kota tangerang lhoo.. . Selain itu SMK PRIMA UNGGUL juga banyak bekerja sama dengan institusi penyiaran seperti TVRI dan Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta serta masih banyak yang lainnya. Naah sekarang sudah jelaskan untuk penjelasannya, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai pendidikan broadcasting bisa langsung mengunjungi website – website pendidikan broadcasting seperti SMK PRIMA UNGGUL yang beralamat website www.smkprimaunggul.sch.id