5 Hal Penting Menjadi SINEMATOGRAFER Muda!

sutradara
Berita Broadcasting

5 Hal Penting Menjadi SINEMATOGRAFER Muda!

Dunia perfilman saat ini memang sangat disukai oleh seluruh kalangan usia mulai dari anak muda hingga orang tua pun suka dengan film. Film juga memiliki banyak genre seperti action, drama, thriller, horror, dan masih banyak lagi.

Di dalam dunia perfilman, pasti banyak orang yang terlibat dalam pembuatan atau produksi film itu sendiri dari mulai sutradara, hingga crew – crew pembantu. Di dalam produksi film semua crew berperan penting, tetapi ada satu orang yang perannya seperti kepala atau seperti ketua dari produksi itu sendiri yaitu sutradara/director. Seluruh sutradara ingin film yang ia produksi menjadi film yang diakui oleh orang lain baik local maupun internasional. Visualisasi dan audio adalah unsur utama dalam perfilman, maka dari itu sinematografer berperan penting dalam dunia perfilman, karena pengambilan gambar yang bagus akan memanjakan mata semua orang yang menonton.

Menjadi sinematografer juga bukan hal yang mudah, karena menjadi director berarti harus menguasai dunia sinematografi. Sinematografi sendiri memiliki arti ilmu yang membahas tentang teknik dalam pengambilan gambar dan mengabungkan gambar sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide dan cerita dalam bentuk video.

Dalam hal ini mari kita bahas apa saja sih yang harus kalian ketahui jika ingin menjadi sinematografer!

  • Memahami sinematografi

Sudah pasti yaa untuk bisa bekerja dengan baik di dunia film, seorang sinematografer harus menguasai tentang sinematografi itu sendiri. Sinematografi merupakan seni dan juga keahlian dalam menciptakan sebuah cerita melalui gambar atau adegan demi adegan. Berbagai rangkaian gambar inilah yang pada akhirnya dikemas dengan sedemikian rupa menjadi sebuah film. Di dalam dunia perfilman seorang sinematografer biasa disebut DOP atau Director Of Photography.

  • Memahami dunia fotografi

Seorang sinematografi juga harus menguasai teknik dasar dalam fotografi, sebab akan bekerja di dalam pengambilan gambar. Untuk meningkatkan kualitas atau nilai estetika sebuah gambar, akan dibutuhkan kemampuan dasar dan juga berbagai teknik fotografi yang lazim digunakan secara profesional. Kemampuan ini akan memudahkan pengambilan gambar yang lebih indah di dalam setiap adegan.

  • Pengalaman yang memadai

Pengalaman dan Latihan itu penting ya! Keberhasilan seorang sinematografer juga akan sangat ditentukan oleh jam terbangnya di dunia film itu sendiri. Pengalaman yang banyak akan membantu sinematografer lebih kreatif dan memiliki banyak ide cemerlang di dalam setiap film yang ditanganinya.

  • Mampu mengikuti tren

Industri film juga selalu mengalami perubahan tren, ini bahkan bisa saja terjadi dengan cepat. Berbagai perubahan tren ini harus diikuti dengan baik oleh sinematografer, agar kualitas gambar dan film yang dihasilkan tetap up to date dan tidak ketinggalan zaman. Jika ketinggalan zaman pasti akan mempengaruhi jumlah penontonnya sendiri.

  • Kemampuan berkolaborasi

Untuk menghasilkan sebuah film yang berkualitas baik, berbagai divisi tentu harus bekerjasama dengan baik juga. Sinematografer termasuk orang yang berperan penting dalam produksi ini, sehingga kemampuannya dalam berkolaborasi dengan banyak orang akan sangat membantu kelancaran berbagai pekerjaannya. Sebagai contohnya adalah seorang DOP yang harus satu nada atau satu suara dengan sang kepala produksi film yaitu sutradara. Jika seorang DOP tidak mau bekerjasama maka waktu produksi pun makin terbuang sia – sia.

Nah itulah 5 hal yang harus kamu ketahui jika ingin menjadi sinematografer, tidak mudah bukan? Benar sekali tetapi jika di mulai dari sekarang semua pasti akan berjalan baik. Pepatah mengatakan “Bisa karena biasa”.

Mengapa tidak mulai sejak dini?

Zaman sekarang sudah banyak sekolah – sekolah yang mempunyai pendidikan berbasis broadcasting atau penyiaran dan sudah pasti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Perguruan tinggi ya guys. Sinematografi termasuk dalam broadcasting juga ya guys.. jadi kenapa tidak mulai sejak dini saja? Banyak SMK dan perguruan tinggi yang mempunyai akreditasi bagus dalam jurusan broadcastnya lhoo.. seperti contohnya SMK Prima Unggul yang berada di kota Tangerang punya jurusan broadcast yang bagus serta memupuni. Belum lagi banyak Kerjasama yang dijalankan oleh SMK PU dengan instansi besar media yang ada di Indonesia seperti STMM Yogyakarta, TVRI, dan masih ada yang lainnya.

Naah sekarang sudah jelaskan untuk penjelasannya, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai pendidikan broadcasting bisa langsung mengunjungi website – website pendidikan broadcasting seperti SMK PRIMA UNGGUL yang beralamat website www.smkprimaunggul.sch.id . Jika kalian baru memulai setelah lulus sekolah tinggi maka banyak juga kampus yang memiliki jurusan broadcasting yang bagus bisa langsung di cek aja guys di kampus – kampus terdekat kalian.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *