3 Hal Penting Belajar Broadcasting, Simak Disini

broadcasting
Berita Broadcasting

3 Hal Penting Belajar Broadcasting, Simak Disini

Di era revolusi yang serba digital ini dan pastinya teknologi sudah canggih dong, teutama di bidang televisi dan penyiarannya, biar lebih jelas yuk simak penjelasan berikut ini.

Televisi dan penyiaran sudah menjadi salah satu unsur utama dalam kehidupan sehari-hari. Rasanya kalua kita gak nonton sehari seperti ada yang kurang, Dari hanya sekedar acara kartun yang disukai anak-anak, berita terbaru yang ditunggu, infotaiment atau acara drama yang pastinya mengisi jadwal keseharian televisi. Namun, masa sih kalian gak penasaran tentang apa yang terjadi dibalik layar televisi? Mengapa televisi bisa menjadi sarana yang menghibur dan informatif? Apa saja yang orang-orang dibelakang layar lakukan untuk menyediakan sajian yang menarik hati para pemirsa televisi? Yuk, kita cari tahu!

Pasalnya orang-orang yang bekerja pada stasiun televisi berasal dari dunia broadcast. Broadcasting sendiri memiliki arti metode pengiriman data, data yang dikirim ke banyak titik sekaligus tanpa melakukan pengecekan, apakah titik tersebut siap atau tidak, atau tanpa memperhatikan data tersebut sampai atau tidak. Televisi dan radio merupakan contoh siaran dari penggunaan sistem Broadcasting. Broadcast pada zaman ini sudah menarik minat banyak tunas-tunas bangsa yang tertarik dengan dunia pertelevisian. Secara keseluruhan broadcast terbagi menjadi 3 jurusan, yaitu: Manajemen pemberitaan, Manajemen produksi, Teknik produksi.

Manajemen pemberitaan atau yang sering disebut dengan news diperuntukan bagi mereka yang memiliki minat dibidang presenter, penulis naskah berita, reporter, pembawa berita atau news anchor dan lainnya. Pada studi ini kalian akan mempelajari public speaking, cara menulis naskah berita, cara menyusun bulletin, meliput berita dan lain sebagainya.

Manajemen produksi, pada jurusan ini sangat cocok bagi kalian yang bercita-cita sebagai produser, sutradara, tim kreatif, penulis skenario dan masih banyak lagi. Pada jurusan ini kalian bisa belajar cara mengambil gambar yang baik dan benar, membuat film-film pendek, iklan atau talk show. Disini kalian juga bisa belajar cara menyusun program acara dan mendalami lebih tentang dunia pertelevisian, pokonya seru banget deh!

Teknik produksi nah pada jurusan ini disaranin banget bagi kalian yang ingin kerja dibagian teknik. Seperti menjadi editor, lighting, cameraman, soundman dan lain-lain. Di jurusan teknik produksi kalian akan belajar tata cahaya, tata suara, editing grafis dan hal-hal seru dan menarik lainnya!

Dunia broadcast sendiri sangat mengandalkan teamwork karena pada dunia broadcast kalian gak mungkin dong kerja sendirian. Bayangin aja, kalau kalian punya sebuah program kalian tidak mungkin menjalankannya semua sendiri. Seperti memegang lighting, mengatur sound, naskah dan lain-lain. Maka dari itu dunia broadcast itu sangat mengutamakan teamwork. Tentu saja kalian gak akan bisa kerjakan semuanya sendiri kan.

Jadi gimana sih dengan tugas broadcasting ini sebenarnya?

Tenang, tugas di dunia broadcast ini sangat asik kok. Kalian akan belajar membuat film, iklan, talk show, dokumenter. Kalian juga pasti akan mengerti cara-cara mengambil gambar yang benar, cara mengatur cahaya dan suara sampai cara membuat naskah agar menarik. Walaupun agak menguras tenaga, tapi jika kalian melakukannya dengan senang hati, pasti semuanya akan terasa ringan dan menyenangkan.

Sekarang sudah jelas betapa serunya belajar di dunia broadcast itu. Bagi kalian yang sudah mulai penasaran bisa langsung deh cari tau lebih dalam tentang dunia broadcast. Dan jika kalian ingin mengerti tentang broadcast sendiri bisa langsung masuk saja ke sekolah atau perguruan tinggi yang mempunyai jurusan broadcast. Untuk kalian yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), kalian bisa langsung menuju Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Parung Serab Kota Tangerang yang bernama SMK PRIMA UNGGUL dan memgambil jurusan broadcasting yang sudah terakreditasi di kota tangerang lhoo.. . Selain itu SMK PRIMA UNGGUL juga banyak bekerja sama dengan institusi penyiaran seperti TVRI dan Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta serta masih banyak yang lainnya.

Jadi tunggu apalagi yuk daftar sekarang di SMK Prima Unggul, Apalagi ditambah dengan adanya 4 Program keahlian yang sangat menarik di Prima Unggul, Jadi gimana? Siap untuk menjadi Generasi yang Kreatif,berkarakter, dan Siap kerja?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *